KENAPA HARUS KPR TANPA RIBA?

KENAPA HARUS KPR TANPA RIBA?

Bismillah...

Saudaraku yang mulia...

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah?

Memiliki rumah tanpa harus membayar dengan sistem cash. Tanpa harus mengeluarkan uang banyak diawal

Dari pada ngontrak, uang dikeluarkan setiap bulan untuk membayar kontrakan tetapi tetap tidak bisa memiliki rumah walaupun sudah ngontrak sampai 10 tahun

Lebih baik ambil KPR rumah, sama-sama mengeluarkan uang setiap bulan tapi dalam 10 tahun maka rumah menjadi hak milik

Saudaraku...
Banyak sekali saudara-saudara kita yang mengaku muslim tapi terjerumus dalam keadaan ini. Ya, mengambil rumah dengan sistem KPR Riba

Padahal dosa riba begitu dahsyat. Banyak sekali dijelaskan dalam AlQuran dan AlHadist

Alhamdulillah sekarang sudah banyak bermunculan developer properti dengan sistem KPR tanpa riba, tanpa menggunakan Bank baik Bank syariah maupun Bank konvensional

Kemudian...
Mengapa kita harus membeli rumah dengan KPR tanpa riba?

Ada 3 Alasan utama untuk menjawab pertanyaan diatas yaitu:

1⃣ Agar Terhindar Dari Dosa Besar Riba

Diperangi Allah dan Rasul (QS. 2: 278-279)
Pelaku riba dilaknat oleh Rasul (HR Muslim no. 1598)
Riba termasuk 7 dosa besar yang menjerumuskan pelakunya dalam neraka
(HR. Bukhari no. 2766 dan Muslim no. 89)
Terdapat 73 pintu untuk dosa RIBA, yang paling ringan seperti Berzinah dengan ibu kandung
(HR Al Haki dan Al Baihaqi)
1 dirham dari transaksi riba dan pelakunya sadar maka seperti berzina 36 kali (HR Ahmad dan Al Baihaqi)
Jika perzinaan dan prektek ribawi sudah marak di suatu negeri maka mereka menghalalkan diri mereka untuk di adzab oleh Allah. (HR Al Hakim)

Renungkanlah wahai saudaraku....
Begitu dahsyatnya dosa riba yang dijelaskan dalam AlQuran dan AlHadist.

Dosa-dosa atau keburukan tersebut akan kita dapatkan ketika kita membeli rumah dengan sistem KPR Ribawi yaitu saat kita membayar biaya pinjaman rumah yang nilainya lebih besar dari yang dipinjamkan oleh bank dan saat kita membayar denda kepada pihak bank

2⃣ Dalam KPR ribawi terdapat akad bathil yaitu adanya dua akad dalam satu transaksi. Yaitu akad sewa beli

"Rasulullah melarang melakukan dua penjualan dalam satu kali transaksi"
(Hadist riwayat Tirmidzi No. 1152)

Jika membeli rumah dengan sistem KPR Ribawi maka status rumah kita adalah sewa menyewa dan akan berubah menjadi jual beli ketika kita sudah melunasi biaya cicilan rumah

Dalam islam kondisi seperti ini dilarang karena adanya dua akad dalam satu transaksi

3⃣ Dalam KPR ribawi barang yang sedang diperjualbelikan dijadikan barang jaminan dalam hal ini yaitu rumah tersebut

Imam Ibnu Hajar Al-Haitami berkata, "Tidak boleh jual beli dengan syarat menjaminkan barang yang dibeli." (Al-Fatawa al-fiqiyah al-Kubra, 2/287)

Barang yang diperjual belikan tidak boleh menjadi jaminan dan kondisi ini dilakukan dalam sistem KPR ribawi

Kemudian...
Apakah kita akan tetap membeli rumah dengan sistem KPR Ribawi?

Semua kembali kepada pilihan kita masing-masing. Apakah rahmat Allah yang ingin kita dapatkan atau murka Allah yang ingin kita peroleh

Berikut adalah Developer Perumahan Sistem Syariah Tanpa Riba:

🍃 Jual beli langsung antara developer dan pembeli
🍃 Tidak ada riba karena murni jual beli bukan pinjam meminjam uang
🍃Tidak ada akad ganda (sewa beli) tapi satu akad yaitu jual beli
🍃Tidak ada denda jika buyer terlambat mencicil
🍃Tidak ada sita jika buyer tidak mampu mencicil dan akan dicarikan solusi terbaik
🍃 Proses cepat dan mudah karena tidak ada BI Checking
🍃 Cicilan flat tidak mengikuti suku bunga karena ketika cicilan berubah maka jatuhnya riba
🍃 Adanya negosiasi dari mulai harga cash, negosiasi DP dan lamanya waktu cicilan DP

Semoga Allah 'Azza wa Jalla memberikan kita kemudahan untuk memiliki rumah dengan sistem syariah tanpa riba sehingga rumah tersebut penuh dengan keberkahan

Wallaahu ta'ala a'lam

Salam hangat

Delapan Kunci Menciptakan Barakah dalam Rumah

Oleh: Nazreen Nawaz

Pengertian mendapatkan barakah di dalam rumah kita

Barakah adalah kata yang sering kita dengar namun sayangnya hal ini telah hilang dalam rumah-rumah kita, sehingga kita tidak menemukan barakah dalam waktu juga dalam rizki, harta dan anak-anak kita. Lalu apa saja kunci untuk mendapatkan barakah itu?

Ada delapan kunci untuk mencapai barakah:

🍃1. Tilawah al-Quran
Allah SWT berfirman:
(وهذا كتاب أنزلناه مبارك)
Allah telah menciptakan al-Quran Karim sebagai sumber barakah jika kita merenungkan maknanya dan hidup berdasarkan ajaran-ajarannya. Atas alasan ini Rasulullah SAW tercinta bersabda tentang rumah yang di dalamnya dibacakan al-Quran.

“Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan datangi malaikat, dijauhi syetan dan akan membanjir pula kebaikan ke dalamnya, jika dibacakan Al-Quran di dalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat dan akan didatangi syetan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan Al-Quran” (HR. Ad-Darimi).

🍃2. Mengucapkan basmalah dan berzikir pada Allah SWT😇
“Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” (HR. Muslim)

🍃3. Sedekah💰
Dalam rangka mendapatkan barakah dalam rumah adalah dengan memberikan sedekah, terutama sedekah yang dirahasiakan karena sedekah bisa menghapuskan murka Allah SWT.

🍃4. Menjalin Tali Silaturahmi
Rasullullah SAW telah mengajarkan kita bahwa menjalin tali silaturahmi dan memperhatikan karakter yang baik akan meluaskan rizki dan memanjangkan umur.

🍃5. Bangun Pagi Untuk Mencari Rizki
Dari Shakhr bin Wada’ah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:
“Ya Allah, berkahilah umatku di pagi harinya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)
Hadits ini tentang orang-orang yang meninggalkan rumah untuk mencari rizki di awal pagi.

🍃6. Mendirikan Shalat Tepat Waktu
Mendirikan shalat pada waktunya adalah upaya untuk mendapatkan barakah.
“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rizki kepadamu, kamilah yang memberi rizki kepadamu, dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakqwa.” (TQS: Tahaa: 132)

🍃7. Tawakal
Menyandarkan keyakinan kita pada Allah dengan sebenarnya sebagaimana yang disebutkan dalah hadits:

“Andaikan kalian tawakal kepada Allah dengan sebenarnya, niscaya Allah akan memberi rizki kepada kalian seperti memberi rizki kepada burung. Mereka pergi pagi hari dengan perut kosong dan pulang sore hari dengan perut kenyang” (HR. Tirmidzi)

🍃8. Istighfar 😌
Bayak-banyak melakukan istighfar untuk memohon ampun (taubat) setiap hari. Selain untuk memohon ampun istighfar juga memperluas rizki kita, seperti sabda Rasulullah SAW:

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad)

Semoga Allah memberikan banyak keberkahan dan ketenangan pada kita. Aamiin. 😇

Salam berkah berlimpah 🙏🏻😊

Jeratan Riba mengintai Siapapun

Obrolan di sebuah Dealer Mobil :
"Mbak, beli ini satu yaa.. Bungkus!"
"Eh maaf pak.. Beli apa ya pak?"
"Mobil ini, saya dah cocok dengan warna dan tipenya. Bungkus langsung mbak.."
"Oooh iya.. iya pak, ini ada list harganya, ada penawaran kredit hingga 5 tahun pak, bunga hanya 6% setahun. Langsung kami proses hari ini juga.."
"Wah, saya belinya cash mbak.. Nih sudah saya bawakan segepok uang, pas 210 juta ya mbak.. "
"Waduh apa gak kredit aja pak? Cukup 50 juta saja pak. Yang 160 juta bisa bapak bawa pulang buat modal usaha dulu, diputar lagi pak biar dapat rejeki lagi.."
"Lho, saya mau beli cash kok malah disuruh kredit to mbak.. Hehe, kamu pasti minta saya kredit karena dapet bonus dari perusahaan leasing kan.. Hayooo ngakuuu... Hehe"
"Eh! Bapak tau aja.. Ya monggo pak kalau mau bayar cash, saya langsung buatkan nota pembelian dan surat serah terimanya.."
"Hehe.. Saya sih pengennya juga bisa nyicil mbak, tapi ada daya ternyata ada akad riba di dalamnya, saya sampai tanya ke 3 ustadz yang paham fiqih muamalah mbak, ternyata memang tidak boleh akad jual beli kredit dicampur dengan akad utang bunga berbunga.. Ngeri saya mbak dengan dosanya, ya sudah saya sabar aja sampai terkumpul uangnya hari ini.. Beli cash laaah! Alhamdulillaaah.."
"Mmmm... Begitu ya pak, saya malah baru tau kalo kredit mobil dengan leasing ada ribanya.. Eh riba itu apa ya pak?"
"Waduh! Ya begitulah mbak, ini silahkan dihitung uangnya, saya bawa sekarang juga mobilnya.. STNK nanti sebulan saya ambil lagi gakpapa. Pakai surat jalan sementara.."
Si mbak sales pun segera memproses jual beli mobil seperti membeli kerupuk itu.. Bungkusss!!
Ada anak muda yang kemudian mendekati pembeli mobil itu..
"Selamat siang pak, mobil baru ya pak Alhamdulillah.. Sekalian fasilitas asuransinya pak? Kami punya produk jaminan All Risk, semua resiko dari lecet sampai hilang mobil kami ganti... Ini pak brosur asuransinya.."
"Oooh gitu ya mas.. Lecet dibayari? Hilang diganti?"
"Betul pak.. Semua kami yang nanggung, pokoknya bapak ikut asuransi kami, beresss semua kami yang urus.."
"Berapa biaya asuransi mobil seperti itu All Risk untuk setahun mas?"
"Hanya 3,5 juta saja pak, selama setahun mobil bapak kami cover total. Tapi kalau setahun tidak ada klaim maka uang hangus, tahun berikutnya bapak harus bayar lagi, lebih murah pak, sekitar 3,2 juta saja.. "
"Mmmm.. Gitu yaa, baik saya akan ikut asuransi juga.."
"Alhamdulillaaaah... Ini pak formulirnya, silahkan diisi, setelah premi bapak bayarkan besok sertifikat asuransi saya kirimkan ke rumah.."
"Lho, aku gak ikut asuransi di perusahaanmu mas.. Aku mau bayar premi asuransinya kepada ALLAH langsung saja.. 3,5 juta kan? Akan saya bayarkan ke 3 panti asuhan, biar bermanfaat untuk anak-anak yatim piatu dan duafa disana.."
"Loooh.. Kok gitu pak?"
"Lah iya kan mas.. Hanya ALLAH yang menjamin keselamatan saya dan mobil saya selama di perjalanan, maka saya ikut ilmunya ALLAH saja.."
Anak muda itu makin bengong...
"Mas, pesan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa sallam, sedekah itu punya banyak manfaat diantaranya: mendatangkan rejeki, menjauhkan bala petaka, memanjangkan umur, menyembuhkan penyakit, dan lain sebagainya.. Saya memilih asuransi ALLAH saja lewat sedekah, agar saya didoakan anak-anak yatim yang dicintai Nabi itu, agar saya selalu selamat selama perjalanan dimanapun.. "
Makin bengong... Klakep...
"Sekarang coba mas fikirkan, ada ribuan mobil di jalan, siapa yang bisa menjamin saya selamat? Perusahaan asuransi? Enggak kan.. ALLAH yang bisa menjamin saya selamat. Mobil saya parkir, apakah perusahaan asuransi menjamin mobil saya gak dipecah kacanya oleh maling? Enggak kan? Hanya ALLAH yang bisa mengalihkan mata para pencuri sehingga mobil saya lolos dari incaran mereka.. Begitu mas.. Maaf yaaa.."
"Eh iya.. iya pak... Selamat siang..."
-----------------------------
Dialog itu kereeeen abiiis!! Mau beli mobil aja tetap pakai ilmu TAUHID ALLAH dulu.. ALLAH lagi..ALLAH terussss!